Rabu, 09 Desember 2020

Pelayanan Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut Di Puskesmas

 


Pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut adalah pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang ditujukan pada suatu kelompok tertentu atau individu dalam kurun waktu yang dilaksanakan secara terarah dan berkesinambungan untuk mencapai taraf kesehatan gigi dan mulut yang optimal (Depkes RI, 2000).

Upaya peningkatan kesehatan gigi dan mulut salah satunya dengan dilakukan kegiatan pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut. Tujuan dari kegiatan pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut adalah memupuk sikap dan pola perilaku sehat pada anak sd dalam menjaga keperawatan atau kesadaran pelihara diri khususnya keperawatan gigi dan mulut serta mewujudkan derajat kesehatan gigi pada anak sd sebagai bagian kesehatan secara umum. 

Adapun pelaksanaan pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut ini dilakukan secara berkesinambungan dalam bidang promotif, preventif dan kuratif sederhana yang diberikan kepada individu, kelompok, dan masyarakat yang dilakukan oleh puskesmas Denpasar Selatan yang salah satunya dilaksanakan di SDN 12 Sesetan.

Kegiatan promotif yang dilakukan antara lain seperti penyuluhan tentang cara menyikat gigi dengan baik dan benar. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan demonstrasi dan sikat gigi bersama, selanjutnya dilakukan pemeriksaan gigi untuk mengetahui ada tidaknya penyakit gigi dan mulut seperti karang gigi, gigi berlubang, cekungan dalam, dan gigi goyang yang akan dirujuk ke puskesmas tersebut.





Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Calendar Widget by CalendarLabs

Sosial Media

LOKASI

Translate

Blog Archive